udah kenal belum sama dapur
desain

Udah kenal belum sama dapur?

Udah kenal sama dapur?

Apa yang pertamakali kalian pikirkan kalo mendengar kata dapur?

Tempat masak? Atau ruang kerjanya ibu?

Lalu kegiatan apa saja yang biasa dilakukan di dapur?

Memasak? Pastinya dong.

Bikin mie instan? Seduh teh atau kopi?

Yak, tepat sekali.

Menurut KBBI, dapur adalah ruang untuk memasak. Oleh karena itu, dapur menjadi salah satu ruang wajib dalam sebuah hunian. Sekarang bayangin kalo rumah kalian nggak ada dapurnya, repot kan?

Seiring berkembangnya jaman dan teknologi, bentuk dan style dapur menjadi beragam.  Umumnya, dapur dibedakan menjadi dua yaitu dapur bersih dan dapur kotor. Dapur bersih biasa digunakan sebagai area untuk sekedar memanaskan masakan dan menyajikan hidangan. Posisi yang paling tepat untuk dapur bersih adalah dekat dengan ruang makan. Sedangkan dapur kotor biasa digunakan sebagai tempat memasak, mengolah makanan dan sering digunakan sebagai area memasak dalam jumlah banyak sehingga letaknya di area belakang.

Memiliki dapur bersih dan rapi menjadi idaman para wanita. Maka tak jarang jika membutuhkan sentuhan interior design dan arsitek dalam perancangannya. Agar menjadi area yang nyaman dan aman, dapur memiliki tiga bagian penting yang tidak boleh diabaikan. Bagian tersebut antara lain area preparasi, area memasak, dan area penyimpanan.

Nah kali ini aku mau bahas tentang ketiga bagian itu. Yang pertama adalah area preparasi atau istilah kerennya sih, food preparation zone. Sesuai dengan namanya, area ini digunakan sebagai tempat mempersiapkan bahan mulai dari memotong, mencuci, dan meracik bahan masakan. Kalo dalam frase kuliner Perancis disebutnya mise en place. Kegiatan ini sangat berguna pada saat memasak, jadi kalian nggak akan ketinggalan condimentnya. Pada area ini diperlukan meja cabinet bawah sebagai area persiapan yang dilengkapi dengan kitchen sink sebagai area mencuci bahan masakan. Pada umumnya area ini letaknya bersebelahan langsung dengan area memasak. Tapi ada juga loh yang area preparasinya terpisah. Biasanya mereka menggunakan kitchen island yang letaknya tepat ditengah dapur sebagai area preparasi. Umumnya, dapur yang menggunakan kitchen island tuh sizenya lumayan gede, jadi ada space untuk bergerak kesana kemari.

Setelah area preparasi, bagain penting nomer dua adalah area memasak. Dari tempat inilah semua sajian lezat tercipta. Pada area ini terdapat kompor sebagai alat memasak utama. Terkadang pada area ini terdapat wall oven cabinet yang berisi oven serta microwave sebagai alat memasak tambahan. Jenis dapur yang lengkap kaya gini nih yang sering jadi idaman para wanita, termasuk penulis.

Yang terakhir adalah area penyimpanan. Area ini digunakan sebagai area menyimpan bahan makanan juga alat memasak. Jadi dibutuhkan cabinet serta kulkas sebagai alat penyimpanan utama. Oiya, untuk cabinetnya sendiri biasa dibagi menjadi dua, yaitu cabinet atas dan cabinet bawah. Umumnya, cabinet bawah berisi piring, sendok, wajan, dan alat-alat memasak non elektronik. Sedangkan alat memasak elektronik seperti mixer, food processor, oven, diletakkan pada cabinet atas. Selain sebagai tempat menyimpan alat elektronik, cabinet atas juga digunakan sebagai tempat menyimpan bahan makanan kering, seperti tepung, gula, pasta kering, dan dilengkapi dengan spice rack tempat menyimpan bumbu.

Nah, udah cukup kenal belum sama dapur? Coba deh sekarang cek dapur kalian masing-masing, sudah terbagi menjadi tiga bagian belum? Intinya, dapur yang bersih dan rapi akan menghasilkan hidangan yang sehat. Yuk tata dapur kalian, agar makin semangat memasaknya.

Oiya, nantikan episode berikutnya ya. Tentunya masih membahas tentang dapur, karena penulis sangat jatuh cinta dengan ruangan ini. Sehat serta bahagia selalu, sampai jumpa!

 

Anda mungkin juga suka...

1 Komentar

  1. […] Kalo belum, cek dulu yuk tips dapur eps 1 […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *