Menata Isi Kulkas yang Efektif : Cara Terbaik Mempertahankan Kualitas Makanan
Dapur Makanan Tips And Trik Uncategorized

Menata Isi Kulkas yang Efektif : Cara Terbaik Mempertahankan Kualitas Makanan

Menata isi kulkas dengan standar food hygiene sangat penting untuk menjaga keamanan dan kualitas makanan yang kita simpan. Memasukkan kesehatan dan kebersihan ke dalam dapur dimulai dari langkah sederhana, dan salah satu yang tidak boleh diabaikan adalah cara kita mengatur isi kulkas. Kulkas bukan hanya tempat penyimpanan makanan, tetapi juga lumbung keamanan pangan keluarga. Dalam panduan ini, kita akan menjelajahi berbagai tips dan trik untuk menata isi kulkas dengan standar food hygiene tertinggi. Mulai dari pengaturan suhu yang tepat hingga pemilihan wadah penyimpanan yang aman, mari kita temukan cara menjaga kebersihan dan kualitas makanan yang kita simpan di dalam kulkas, memberikan sentuhan sehat untuk setiap hidangan yang kita sajikan.

  1. Bersihkan kulkas secara berkala: Pastikan untuk membersihkan kulkas secara rutin untuk menghindari penumpukan kotoran dan bakteri. Gunakan sabun ringan atau larutan pembersih yang aman untuk membersihkan permukaan kulkas. Kalian juga bisa menggunakan larutan air lemon dengan air hangat lalu masukkan kedalam botol spray untuk membersihkan permukaan dalam kulkas. Gunakan lap bersih untuk membersihkan bagian dalam kulkas. Diamkanlah hingga mengering, dan kulkas akan siap digunakan kembali.
  2. Suhu Kulkas: Pastikan kalian mengatur kulkas pada suhu yang aman, biasanya sekitar 0-4 derajat Celsius. Ini adalah suhu yang optimal untuk menjaga makanan segar dan mencegah pertumbuhan bakteri.
  3. Zona kulkas: Ketahui zona suhu di dalam kulkas. Biasanya, bagian atas kulkas memiliki suhu lebih rendah daripada bagian bawah. Jadi, letakkan makanan sesuai dengan zona suhu yang sesuai.
  4. Pemisahan makanan: Pisahkan makanan mentah dari makanan matang atau makanan siap saji. Simpan daging mentah, ikan, dan ayam dalam wadah tertutup atau bungkus dengan rapat untuk mencegah kontaminasi silang.
  5. Tumpukan makanan: Jangan menumpuk makanan terlalu padat atau rapat di dalam kulkas. Pastikan ada ruang untuk sirkulasi udara sehingga suhu dapat terdistribusi secara merata. Jangan menyimpan buah dan sayur terlalu lama di dalam kulkas, karena selain dapat menyebabkan layu, penumpukan yang berlebihan dapat menyebabkan busuk dan mengkontaminasi bahan makanan lainnya.
  6. Wadah penyimpanan yang sesuai: Gunakan wadah penyimpanan yang kedap udara dan aman untuk makanan. Kertas lilin, plastik pembungkus, dan wadah khusus adalah pilihan yang baik untuk mencegah kontaminasi dan menjaga kebersihan.
  7. Label dan tanggal: Selalu beri label pada makanan dengan tanggal simpan untuk memastikan agar kalian tidak menyimpannya terlalu lama. Konsumsi makanan yang paling mudah rusak terlebih dahulu.
  8. Hindari kontaminasi silang: Jangan meletakkan makanan mentah di atas makanan matang atau makanan siap saji. Pastikan ada wadah atau baki yang menampung makanan mentah untuk mencegah cairan dari makanan mentah mengenai makanan lain.
  9. Jangan menyimpan makanan terlalu lama: Periksa secara rutin makanan di dalam kulkas dan buang makanan yang sudah kadaluarsa atau terlihat tidak segar.
  10. Susun makanan dengan bijaksana: Susun makanan di kulkas secara teratur berdasarkan jenis makanan dan keamanan pangan. Kalian bisa letakkan makanan yang rawan busuk atau berbau menyengat di bagian belakang kulkas, dan letakkan makanan yang sudah matang di bagian depan agar mudah diakses.
  11. Bersihkan dan sterilkan peralatan: Pastikan kalian membersihkan piring, alat makan, dan wadah penyimpanan bersih sebelum digunakan dan setelah digunakan. Gunakan air panas dan sabun untuk mencuci peralatan dan wadah penyimpanan.
  12. Pastikan makanan bersih: Sebelum menyimpan makanan di kulkas, pastikan makanan tersebut sudah dicuci bersih terlebih dahulu untuk menghindari kontaminasi dari kuman atau pestisida. Tiriskan hingga tidak terlalu banyak air yang menempel atau kalian bisa menepuk ringan dengan tisu dapur agar bahan makanan yang tersimpan tidak mengandung terlalu banyak air yang menyebabkan makanan mudah busuk.

Dengan mengikuti tips dan trik di atas, Anda dapat menata isi kulkas dengan standar food hygiene yang tinggi, menjaga makanan tetap segar, aman, dan menghindari risiko keracunan makanan.

Baca juga prinsip – prinsip food hygiene dalam menyimpan makanan di kulkas dengan klik tautan ini

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *