Kandungan Pada Telur Ayam
Makanan

5 Kandungan Pada Telur Ayam yang Berguna Bagi Manusia

Melanjutkan dari artikel sebelumnya, kali ini kita akan membahas kandungan pada telur ayam yang bermanfaat bagi tubuh.

Kalian sudah baca artikel tentang jenis-jenis telur yang dapat dikonsumsi manusia belum?

Baca dulu deh, supaya informasi yang kalian terima lebih lengkap. Baca disini ya!

Telur mengandung hampir seluruh nutrisi yang diperlukan bagi tubuh. Dalam 1 butir telur terdapat protein, mineral, vitamin, dan berbagai nutrisi lainnya. Untuk itulah telur menjadi salah satu bahan makanan yang sering digunakan untuk menu diet , diet sehat tentunya.

Apa sajakah kandungan pada telur ayam yang berguna bagi tubuh manusia?

Melansir dari health.kompas.com, dalam sebutir telur terdapat banyak nutrisi yang diperlukan tubuh loh!

Selengkapnya, baca disini ya!

  1. Vitamin

Vitamin sangat diperlukan oleh tubuh. Dalam satu butir telur, terdapat berbagai macam vitamin. Mulai dari vitamin A yang membantu kesehatan mata, vitamin B yang berguna sebagai metabolisme dan kekebalan tubuh, vitamin D untuk kesehatan tulang dan gigi, serta berbagai vitamin lainnya. Untuk itu, mengkonsumsi telur dapat membantu mencukupi kebutuhan nutrisi harian manusia.

  1. Zat besi

Kalo ngomongin zat besi, hal yang pertama kita pikirkan adalah darah. Karena zat besi memang erat dikaitkan dengan darah dan sistem transportasi oksigen.

Sebenarnya zat besi itu apasih?

Apakah zat besi ada di dalam sebutir telur?

Dalam tubuh manusia, zat besi merupakan nutrisi penting yang menghasilkan hemoglobin. Hemoglobin adalah protein yang membawa oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh. Maka dari itu, zat besi memiliki tugas yang sangat penting, yaitu mengangkut oksigen dari paru-paru dan menyalurkan ke seluruh tubuh.

Zat besi bisa kita dapatkan dengan mengkonsumsi sayuran hijau, daging merah, telur, dan kacang-kacangan. Kebutuhan zat besi dalam tubuh tiap orang berbeda. Kekurangan zat besi dapat menyebabkan anemia. Tubuh akan lemas dan lemah ketika pasokan oksigen tidak memadahi. Dengan mengkonsumsi 2 butir telur, kita akan mendapat 14% kebutuhan zat besi harian.

  1. Folat

Asam folat adalah salah satu jenis vitamin B yang membantu tubuh memproduksi sel-sel baru. Asam folat turut berkontribusi dalam pembentukan sel darah merah. Untuk itulah tubuh memerlukan nutrisi asam folat yang cukup. Asam folat sangat dibutuhkan ibu hamil untuk melindungi janin dari resiko kelahiran cacat. Mengkonsumsi dua butir telur akan menghasilkan 49% kebutuhan folat harian.

  1. Yodium

Telur mengandung hampir semua jenis zat gizi, termasuk iodium atau yang sering kita sebut yodium. Yodium erat kaitannya dengan garam. Tak jarang kita sering mendengar tagline untuk mengkonsumsi garam yang beryodium.

Dalam tubuh manusia, yodium berfungsi membantu fungsi kognitif dalam perkembangan otak. Selain itu, yodium menjaga fungsi tiroid agar tetap stabil dan mengurangi resiko penyakit kekurangan tiroid seperti penyakit gondok dan hipotiroidisme.

Selain dalam garam, yodium juga dapat kita jumpai dalam telur loh! Mengkonsumsi dua butir telur dapat membantu mencukupi 29% nutrisi yodium harian, canggih bukan?

  1. Fosfor

Fosfor sangat erat kaitannya dengan tulang dan gigi. Fosfor berperan penting dalam pemeliharaan tulang dan gigi dalam tubuh manusia. Dengan mengkonsumsi telur, kebutuhan fosfor harian akan tercukupi.

Nah, kalian sudah tahu kan apa saja kandungan nutrisi pada telur ayam yang berguna bagi tubuh manusia? Selain 5 nutrisi diatas, dalam satu butir telur terdapat nutrisi lain yang pastinya dibutuhkan oleh tubuh. Untuk itu, sering mengkonsumsi telur membantu kita untuk hidup sehat dan bugar. Tentunya dengan batas konsumsi harian ya, karena segala sesuatu yang berlebih itu tidak baik.

Sampai jumpa di artikel berikutnya ya! Sehat serta bahagia selalu!

Anda mungkin juga suka...

1 Komentar

  1. […] khususnya telur ayam, menjadi pertimbangan tersendiri bagi seorang konsumen. Mulai dari harga, kandungan gizi, hingga lama penyimpanan. Beberapa opini seperti telur omega lebih baik daripada telur ayam negri […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *