Dapur Minimalis
desain

Sederhana dan Fungsional, inilah Dapur Minimalis impian bunda

Dapur Minimalis bukan berarti minim peralatan ataupun minim besaran ruang. Konsep minimalis pada dapur mengacu pada penataan dan peralatan yang lebih fungsional.

Sebenarnya, apasih konsep minimalis itu?

Dan bagaimana juga penerapan dalam dapur sehingga menjadikan dapur lebih fungsional?

Yuk kita bahas!

  1. Konsep Minimalis

Konsep Arsitektur Minimalis merupakan konsep dasar yang menjadi tren dalam perancangan pada saat ini. Minimalis adalah sebuah konsep perancangan arsitektur dengan menekankan fungsionalitas dalam desain. Konsep ini menawarkan kesederhanaan dan kerapian pada desainnya. Selain hunian, gedung perkantoran dan pertokoan mengaplikasikan gaya ini kedalam konsep desain mereka. Konsep minimalis juga membuat kesan ruang menjadi lebih luas karena penataan dan kesederhanaan dari konsep itu sendiri.

  1. Konsep Minimalis dalam Dapur

Desain Dapur Minimalis menjadi tren pada saat ini. Gaya minimalis dipilih karena bisa membuat kesan ruang menjadi lebih luas dan rapi. Hal itu karena konsep minimalis menekankan fungsi dari sebuah desain. Jadi, dalam merancang sebuah desain, desainer ataupun arsitek pasti akan melakukan analisis dengan berbagai pertimbangan. Analisa tersebut biasanya berasal dari kondisi dapur ataupun konsep impian klien. Kali ini dapurkerja akan rangkum 3 analisa utama yang sering digunakan dalam membuat sketch kasar desain dapur, yuk kita bahas!

  1. Layout

Sebelum mendesain sebuah ruangan, perancang pasti melakukan analisis mulai dari analisis ruang hingga pengguna. Demikian pula dengan dapur. Meskipun sebagian besar dari hunian memberikan space kecil untuk dapur, perancang juga harus menganalisanya. Setelah dianalisa, mereka dapat menentukan layout apa yang cocok untuk desain dapur mereka. Kalian bisa intip nih, jenis-jenis layout dapur yang sering diaplikasikan disini.

Beberapa layout tersebut dapat dipadukan dengan gaya minimalis loh. Contohnya, jika kalian menginginkan tipe linear untuk desainnya, kalian bisa memadukan dengan pemilihan warna dan penataan sesuai dengan konsep dapur minimalis impian kalian.

  1. Pencahayaan

Suatu hunian akan terkesan lebih sehat jika memiliki sirkulasi udara yang baik. Memaksimalkan pencahayaan alami sangat dibutuhkan untuk dapur yang sehat dan bersih. Selain menggunakan pencahayaan alami, pencahayaan buatan sangat mendukung terciptanya dapur minimalis yang indah.

  1. Pemilihan warna

Berbeda dengan gaya arsitektur lainnya yang berani menampilkan berbagai paduan warna pada desainnya, konsep minimalis lebih memilih untuk tampil sederhana. Walau sederhana, pemilihan warnanya tidak selalu kaku ya, guys! Hitam, Putih, dan Abu-abu sering menjadi dasar warna konsep minimalis. Selain ketiga warna tersebut, kalian bisa memadukan dengan warna lain loh! Misalnya, kalian bisa memadukan warna putih dengan biru tua atau coklat.

  1. Inspirasi pengaplikasian konsep minimalis dalam dapur

Seiring berjalannya waktu, konsep minimalis mulai dipadukan dengan beberapa gaya. Gaya modern adalah salah satu gaya populer yang dikaitkan dengan konsep minimalis. Perabot dapur modern biasanya menggunakan lemari tanpa bingkai, alat elektronik sederhana, dan penyimpanan yang cukup. Furniture berbahan dasar kayu dapat dipadukan untuk menambah kesan modern dari konsep minimalis modern.

Selanjutnya, jika kalian ingin memiliki dapur layaknya dapur restoran yang terbuka, bersih, dan sederhana, kalian bisa mengaplikasikan konsep industrial dalam dapur minimalis kalian. Konsep ini menggunakan warna-warna netral seperti abu-abu, hitam, coklat, dan putih.

Jika kalian menginginkan dapur minimalis serta tampilan alami, kalian bisa memadukan konsep dapur minimalis dengan gaya skadinavia. Perabot pada dapur ini terkensan lebih praktis dan fungsional, dengan tampilan segar khas gaya skandinavia.

Nаh, іtulаh bеbеrара іnѕріrаѕі desain Dapur Minimalis yang bеrѕіh dаn еlеgаn уа. Kalian bisa menciptakan konsep dapur impian kalian sendiri dengan berbagai referensi yang ada. Yuk tata rapi dapur kalian agar proses masak memasak menjadi lebih menyenangkan. Ingat, dibalik dapur yang bersih dan rapi, terdapat masakan yang enak dan higienis.

Sampai jumpa di artikel berikutnya, ya!

 

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *