6 Tipe Dapur berdasar kebutuhan ruang, jangan asal pilih!
desain

6 Tipe Dapur berdasar kebutuhan ruang, jangan asal pilih!

Sesuai dengan artikel sebelumnya, kali ini dapurkerja akan sharing tentang tipe dapur berdasar kebutuhan ruang. Dalam mendesain sebuah ruang, analisis kebutuhan dan besaran ruang sangat dibutuhkan demi keselarasan desain. Jadi, sebelum mendesain dapur, kita harus tahu dahulu berapa luas ruangan dan apa saja yang dibutuhkan dari ruangan tersebut. Biasanya, sebelum mendesain dan menunjukan hasil desain tersebut kepada klien, arsitek atau desainer interior akan survey terlebih dahulu dan merancang dalam bentuk coretan kasar. Kemudian coretan tersebut akan diolahnya menjadi sebuah desain yang sesuai dengan besaran ruang dan kebutuhan klien.

Sekarang, coba kita lihat ilustrasi dibawah ini. Enam gambar yang ada di dalam foto ini merupakan enam tipe dapur yang akan kita bahas saat ini. Sebelum membahas enam tipe dapur, kalian sudah cek artikel sebelumnya belum? Coba cek dulu ya, karena working triangle sangat berhubungan dengan bahasan ini.

LAYOUT DAPUR@4x
Layout Dapur by DapurKerja

Jika kalian sudah berkenalan dengan dapur dan mengerti working triangle, mari kita mulai membahas satu persatu tipe dapur berdasar kebutuhan ruang.

  1. Tipe linier

    https://i.pinimg.com/564x/93/32/69/933269e46d548728ed6b275f153964b4.jpg
    Design by diotti.com

Tipe linier merupakan salah satu template layout dapur yang sering diaplikasikan di interior rumah. Tipe ini memiliki ciri khas satu baris atau single line yang terdiri dari tiga area sekaligus. Tipe ini biasanya diaplikasikan di ruangan yang berbentuk persegi panjang. Karena tipe linier tidak membutuhkan banyak area penyimpanan, maka tipe ini juga cocok diaplikasikan di area sempit dengan workflow terbatas. Namun, jika kalian menginginkan dapur luas dengan desain dapur linier, kalian bisa menambah kabinet pada kitchen set sebagai area penyimpanan. Agar area sirkulasi dapur tetap luas dan memudahkan kalian ketika memasak, lebar dari kitchen cabinet yang paling ideal adalah 60cm.

  1. Tipe parallel

    https://i.pinimg.com/564x/7e/5c/59/7e5c59d23a5d169967bc21ed8261918e.jpg
    Design by livspace.com

Dapur tipe parallel hampir sama dengan tipe linier. Bedanya, dapur tipe ini memiliki dua area yang dipisahkan oleh area sirkulasi yang menyerupai koridor. Area pengolahan biasanya terletak bersebrangan dengan area penyimpanan. Tipe seperti ini biasanya diaplikasikan di apartment atau rumah dengan tipe ruang berbentuk persegi panjang. Agar akses sirkulasi dan area memasak tidak bertabrakan, lebar dari koridor dapur tidak kurang dari 120cm ya.

  1. Tipe Letter L
https://i.pinimg.com/564x/bd/9c/cc/bd9ccc7a619c7b331896ed9e49cf9d5d.jpg
Design by homelane.com

Jika dapur kalian berada pada sisi pojok rumah yang memiliki sudut siku-siku, tipe ini solusinya. Sesuai dengan namanya, tipe dapur letter L biasa digunakan di sudut-sudut rumah dengan bentuk ruang persegi. Tipe ini memilki ciri khas kitchen set dan kabinet yang terletak di sudut siku dan menyerupai huruf L. Tipe ini sangat fungsional karena memanfaatkan ruang secara maksimal. Tipe ini juga sangat cocok diaplikasikan pada dua kebutuhan ruang, baik sempit ataupun lebar. Biasanya, sisi kanan dari sudut dapur digunakan sebagai area penyimpanan dan persiapan, sedankan area sisi kiri sudut dapur digunakan sebagai area pengolahan makanan. Jika kalian ini memaksimalkan penyimpanan dengan dapur letter L, penambahan kitchen set adalah solusinya.

  1. Tipe u shaped

    https://i.pinimg.com/564x/6e/57/dc/6e57dc4e4c22dd8a16d655137d34012e.jpg
    Design by HUX London

Tipe letter U biasanya diaplikasikan pada ruang lebar berbentuk persegi panjang. Hal ini dikarenakan banyaknya area penyimpanan pada kitchen kabinet. Agar menambah efisiensi ketika memasak, perhatikan area sirkulasinya ya. Pastikan juga peletakan kompor dan area sink dekat sehingga terjangkau ketika memasak.

  1. Tipe letter G

    https://i.pinimg.com/564x/b8/a3/c5/b8a3c507a6e942bad5a6438c6ec927fa.jpg
    A contemporary shaker style family kitchen in Weybridge – Grey Kitchen, LEICHT by Elan Kitchens

Hampir mirip dengan letter U, tipe dapur letter G memiliki ciri khas adanya meja bar dan akses entry pada sisi dapur. Jika tipe letter U cocok diaplikasikan pada bentuk ruang persegi panjang, dapur dengan tipe letter G cocok diaplikasikan pada bentuk ruang persegi.

  1. Tipe island

    https://i.pinimg.com/564x/a8/47/74/a84774760b22a5ec79bca528ec2db6be.jpg
    Design by CDK Stone – Georgie Shepherd Interior Design

Jika dapur kalian luas dan menginginkan kebutuhan memasak yang luas dan kompleks, tipe island adalah jawabnya. Dapur ini menjadi favoritnya ibu-ibu dikarenakan banyaknya area penyimpanan dan menunjang kebutuhan memasak yang kompleks. Dapur tipe ini memiliki ciri khas kabinet berbentuk persegi panjang menyerupai island tepat ditengah dapur. Nah, karena terdapat meja island, maka dapur ini harus memiliki besaran ruang yang luas banget ya.

Biasanya, meja island yang terletak di tengah dapur memiliki fungsi ganda. Selain menjadi area cuci, persiapan, atau area memasak, sebrang dari meja island juga sering digunakan sebagai mini bar yang dilengkapi dengan kursi makan.

Itulah 6 tipe dapur yang bisa kalian jadikan inspirasi ketika mendesain dapur idaman. Pastikan sesuai dengan kebutuhan ruang dan memasak kalian ya, agar kegiatan memasak menjadi lebih efisien dan menyenangkan. Selamat mengeksplorasi ide-ide kreatif untuk dapur idaman kalian, ya! Sampai jumpa.

 

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *