Penataan Dapur
Tips And Trik

5 Tips Menata Dapur agar Terlihat Rapi dan Fancy

Sebagai ruangan yang memiliki fungsi penting dirumah, dapur tidak hanya memerlukan desain dan peralatan yang menarik. Semenarik dan sefancy apapun desain dapur akan terlihat nihil jika alat memasak dan bahan makanan berserakan. Untuk itulah penataan dapur sangat diperlukan agar dapur menjadi tertata dan fancy. Kali ini, dapurkerja akan berikan lima tips yang bisa kalian jadikan referensi untuk menata dapur kalian. Yuk kita simak.

  1. Kategorikan peralatan dapur

Peralatan dapur terdiri dari beberapa jenis, mulai dari peralatan memasak, alat makan, hingga alat kebersihan. Alat-alat tersebut dapat kalian kelompokkan sesuai dengan fungsinya, loh! Misalnya, kalian mengelompokkan peralatan memasak seperti panci, teflon, dan sutil pada area tertentu. Biasanya, alat masak seperti panci dan teflon disimpan pada laci penyimpanan ataupun gantungan dinding yang letaknya berdekatan dengan kompor. Tujuannya untuk mempermudah proses memasak kalian. Panci dan teflon yang tergantung pada gantungan dinding adalah alat-alat yang digunakan setiap hari, sedangkan peralatan yang jarang dipakai bisa kalian simpan dalam laci penyimpanan.

Untuk alat-alat makan seperti sendok dan piring, kalian bisa menyimpannya dekat dengan meja makan. Jika kalian mengelompokkan peralatan dapur sesuai dengan fungsinya, dijamin deh, dapur kalian akan bersih dan rapi.

  1. Gunakan toples bumbu

Bagi sebagian orang, memilah dan memindahkan bumbu dapur kedalam toples adalah hal yang membosankan. Tapi, pernahkah kalian berfikir bahwa membiarkan bumbu dengan wadah terbuka akan mempercepat pembusukan? Selain cepat basi, bumbu yang dibiarkan dengan wadah terbuka akan mudah tumpah dan menjadi undangan untuk gerombolan semut bahkan lalat. Untuk itulah memindahkan bumbu kedalam toples dan menatanya dalam rak adalah solusi cerdas untuk membuat dapur kalian rapi, anti semut!

  1. Perbanyak laci penyimpanan

Laci penyimpanan pada kitchen set membantu kalian menjadikan dapur lebih rapi dan tertata. Pisahkan alat masak dan alat makan mulai dari yang sering hingga jarang dipakai. Letakkan peralatan yang jarang dipakai di tempat kering dan bersih. Tujuannya agar peralatan dapur kalian awet dan bebas jamur. Letakkan juga peralatan memasak yang berat dan besar seperti panci presto, panci sup, dan wajan di laci paling bawah ya. Tujuannya agar tumpuan beban paling berat berada dibawah sehingga tidak berpotensi mematahkan tumpuan laci. Selain itu, menaruh alat masak ukuran besar di penyimpanan paling bawah juga akan memudahkan kalian dalam menaruh atau mengambilnya.

  1. Pilah sampah

Dimana ada sampah, pasti disitu lembab dan kotor. Jika dapur kalian ingin bersih, rapi, wangi, dan terbebas dari lalat, jangan malas untuk memilah sampah ya. Hal pertama yang harus kalian lakukan adalah memberi space khusus untuk sampah. Kalian bisa memanfaatkan space bawah cucian piring sebagai area tempat sampah atau di sudut ruangan dekat dengan akses keluar masuk. Lalu, pastikan tempat sampah selalu dilapisi dengan kantung plastik. Tujuannya untuk meminimalisir sisa makanan tumpah dan mengotori lantai dapur. Lalu, ini nih yang paling penting. Pilah sampah mulai dari sampah kering dan basah. Jika sisa makanan mengandung kuah, pastikan kuah makanan tersebut terbuang semua sehingga kalian bisa membuang sisa makanan di tempat sampah. Kuah dan air sisa yang menyatu dengan sampah lainnya berpotensi membuat sampah semakin bau loh.

  1. Jangan malas foodprep!

Jika ingin dapur rapi dan bebas dari bahan masakan yang berserakan, jangan malas foodprep. Selain penataan alat-alat dapur, bahan makanan juga perlu ditata loh. Foodprep adalah sebuah solusi untuk hidup rapi dan hemat. Sebelum belanja bulanan, kalian bisa mencatat apa saja bahan-bahan yang habis dan diperlukan. Jika kalian rajin mencatat, dijamin deh, dapur kalian terbebas dari bahan makanan sisa ataupun kadaluarsa. Lalu, jangan lupakan foodprep untuk isi kulkas ya! Isi kulkas merupakan hal urgent dimana bakteri dan jamur bisa berkembang di dalam kulkas jika kulkas kalian berserakan dan sesak. Pisahkan bahan makanan di masing-masing wadah kemudian susun dalam kulkas. Jangan lupa juga untuk mencatat dan mengingat berapa lama masa penyimpanan bahan tersebut. Jika isi kulkas kalian rapi, bahan makanan yang tersimpan akan bebas dari bakteri.

Sudah tau kan gimana cara membuat dapur rapi dan fancy? Menerapkan penataan dapur seperti diatas juga akan mempermudah proses memasak, loh! Yuk mulai terapin agar sudut istimewa kalian semakin istimewa. Sampai jumpa di artikel berikutnya yah, pastinya tetap membahas sudut-sudut istimewa dari dapur tercinta. Sehat serta bahagia selalu!

 

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *