Cooker Hood
desain

3 Manfaat Pemasangan Cooker Hood di Dapur, Bikin Fancy!

Memiliki dapur bersih, tertata, serta sirkulasi udara baik adalah idaman semua orang, khususnya para ibu. Dapur menjadi salah satu ruang penting yang ada di setiap hunian. Bahkan beberapa orang sengaja mendesain dua jenis dapur di dalam hunian mereka, yaitu dapur bersih dan dapur kotor. Dapur kotor biasanya digunakan sebagai area menyiapkan, menyimpan, hingga mengolah makanan. Dapur kotor memiliki perabot yang lebih lengkap dibanding dapur bersih, seperti kitchen set yang dilengkapi dengan cooker hood, lemari untuk menyimpan bahan masakan, hingga peralatan elektronik untuk memasak. Sedangkan dapur bersih digunakan sebagai area menyajikan dan menghangatkan makanan. Jenis perabot yang digunakan lebih sederhana dibanding perabot di dapur kotor. Untuk itulah dapur bersih biasanya terletak di area makan.

Peletakan dua jenis dapur yang berjauhan ini juga memiliki fungsi lain, yaitu agar sirkulasi udara dari dalam dapur tidak menyebar ke seluruh ruangan. Dapat diketahui bahwa dalam proses memasak, pastinya menghasilkan asap dan bau yang menyengat. Entah bau wangi dari masakan atau bau amis khas protein mentah pasti menghiasi interior dapur ibu. Proses memasak seperti menumis, menggoreng, membakar, hingga merebus, akan menghasilkan asap dan membuat udara sekitar menjadi gerah.

Namun, para ibu jangan khawatir. Dalam mendesain sebuah dapur, para arsitek dan desainer interior memiliki beberapa opsi desain yang disesuaikan dengan lokasi tapak rumah. Mulai dari pemasangan jendela pada dinding dapur hingga pengaplikasian cooker hood diatas kompor yang berfungsi sebagai sirkulasi udara dapur. Kali ini, dapurkerja akan membahas apa itu cooker hood dan manfaatnya bagi kebersihan dapur ibu, yuk disimak!

APA ITU COOKER HOOD?

Bila kalian sering melihat desain kitchen set pada brosur ataupun display toko furniture, kalian tentu tidak asing dengan mesin penghisap asap yang diletakkan tepat diatas kompor. Ya, cooker hood atau yang biasa disebut mesin penghisap asap adalah teknologi yang diciptakan untuk membantu kegiatan proses memasak. Alat ini biasa diletakkan tepat diatas kompor sehingga asap dan bau yang berasal dari proses memasak diserap kemudian dibuang keluar ruangan. Selain itu, ada beberapa manfaat pemasangan cooker hood di dapur, apa saja? Mari kita simak artikel berikut ini.

  1. MENJAGA KEBERSIHAN DINDING DAPUR

Siapa yang sering kesal jika terkena percikan minyak saat menggoreng?

Selain mengenai manusia, percikan minyak seringkali mengenai dinding dapur. Untuk itulah biasanya area belakang dapur menggunakan keramik dinding yang lebih mudah dibersihkan daripada finishing cat tembok. Percikan minyak goreng yang mengenai dinding dengan finishing cat tembok biasanya akan menyerap ke dalam dinding dan jika dibiarkan akan menjadi jamur. Selain bau, jamur dari dinding dapur juga akan mengurangi estetika dan mood memasak. Suka sebel masak kan kalau dapurnya kotor?

Seiring berjalannya waktu, desain dapur kini dilengkapi dengan pengaplikasian cooker hood. Cooker hood membantu dinding dapur bebas dari asap dan noda percikan minyak.

  1. MENJAGA UDARA DAPUR TETAP BERSIH

Proses mengolah makanan pasti menimbulkan bau serta asap yang mengakibatkan udara dapur menjadi pengab dan panas. Terlebih jika sedang membakar ikan dengan teflon, kebayang kan udaranya?

Ketika dioperasikan, cooker hood yang terletak diatas kompor akan menyerap udara kotor dari proses memasak dan dibuang keluar ruangan melalui pipa pembuangan. Sehingga udara di dapur akan lebih bersih dan segar.

  1. MEMBUAT TAMPILAN MENARIK

Jika dilihat dari segi estetika, dapur yang menggunakan cooker hood dinilai lebih fancy dan memiliki harga jual tinggi. Hal ini dikarenakan fungsi dari cooker hood yang sangat membantu proses memasak di dapur. Beberapa tipe dari berbagai merk dengan warna-warna elegant dipilih untuk memaksimalkan fungsi dan estetika dari dapur hunian keluarga.

Memiliki dapur sehat dan bersih adalah impian semua manusia, khususnya seorang ibu. Untuk itu, tetap jaga kebersihan dapur ya, bun! Karena dari dapurlah tercipta sajian makanan sehat untuk keluarga tercinta.

Sampai jumpa di artikel berikutnya ya, sehat serta bahagia selalu!

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *